Tips Sukses Berkarir di Supply Chain

Efrata Denny S. Yunus
Terakhir diperbarui pada 16 August 2019 14:57
Pemeriksaan Pajak dan Pentingnya Melakukan Tax Review

Pada suatu workshop Supply Chain, saya bertanya apakah ada yang punya cita-cita bekerja di bidang Supply Chain saat masih kecil? Tidak ada yang menjawab pernah dan saya pun tidak mempunyai cita-cita bekerja di bidang Supply Chain. Kami semua tercemplung di bidang Supply Chain karena sebagai kebanyakan anak Indonesia, saat kecil beberapa dekade lalu, cita-cita menjadi dokter, tentara, pilot, atau polisi merupakan pilihan favorit. Jika Anda berkarir di bidang Supply Chain, berikut adalah tips yang dapat memandu kesuksesan Anda di bidang ini.


Langkah awal Anda adalah menetapkan untuk memilih menjadi seorang yang generalis atau spesialis. Penting untuk menentukan apakah Anda akan menjadi generalis atau spesialis karena dengan mengetahui hal tersebut akan menjadi kompas yang memandu keputusan perencanaan karier dan keterampilan Anda. Seorang generalis adalah seseorang yang memiliki pengetahuan dan keterampilan yang berkaitan dengan banyak domain. Contoh karirnya adalah menjadi direktur utama di suatu perusahaan. Karakternya adalah memiliki Kecerdasan Emosional (EQ) yang tinggi, keterampilan kepemimpinan yang kuat, menikmati manajemen manusia, dan dapat membantu tim melihat gambar yang lebih besar.

Keunggulannya adalah memiliki fleksibilitas karir di berbagai bidang dan lebih cocok untuk peran kepemimpinan. Adapun kelemahannya adalah mengorbankan kedalaman pengetahuan karena melebar dan keamanan pekerjaan bisa sulit dipertahankan karena banyak pesaing dari bidang berbeda. Seorang generalis di bidang rantai pasokan biasanya tidak memiliki latar belakang pendidikan di bidang rantai pasokan tetapi bekerja di bidang rantai pasokan karena penugasan perusahaan. Anda dapat mengambil pendidikan formal di bidang rantai pasokan namun dapat menjadi kendala karena Anda belum tentu akan terus berkarir di bidang ini. Mengikuti kursus singkat mengenai rantai pasokan dan program sertifikasi akan meningkatkan pengetahuan dan kompetensi Anda di bidang rantai pasokan.

Seorang yang memilih menjadi spesialis adalah seseorang yang memiliki pengetahuan dan keterampilan khusus yang berkaitan dengan domain tertentu. Contoh karirnya adalah menjadi seorang Supply Chain Expert. Karakteristiknya adalah memiliki keterampilan yang fokus dan passion yang kuat, pemikir yang mendalam dan berpengalaman, dan dapat memecahkan masalah yang kompleks di bidang keahliannya. Keunggulannya adalah dapat memperoleh upah yang lebih tinggi dan berpeluang untuk menjadi thought leader yang penuh ide-ide di suatu bidang. Kelemahannya adalah karir yang tidak fleksibel dan sulit untuk memengaruhi orang lain saat berada di luar bidang keahlian. Seorang spesialis di bidang rantai pasokan biasanya memiliki latar belakang pendidikan di bidang rantai pasokan. Mengambil pendidikan formal lanjutan di bidang rantai pasokan dapat menjadi pilihan karena Anda memiliki passion di bidang ini. Mengikuti program sertifikasi di bidang rantai pasokan dapat meningkatkan kredibilitas dan pengakuan Anda sebagai ahli di bidang rantai pasokan.

Jika Anda belum yakin pilihan apa yang akan diambil, coba mulai dalam peran generalis. Aktif berpartisipasi dalam banyak proyek atau tugas akan memberi Anda pengalaman teknis dari setiap bidang teknis dari rantai pasokan. Ketika Anda merefleksikan pengalaman belajar Anda, lalu alihkan jalur karir Anda ke arah yang paling menarik minat Anda. Mungkinkah Anda hybrid? Seorang generalis-spesialis adalah seseorang yang memulai karir sebagai generalis tetapi memiliki pengetahuan yang mendalam mengenai rantai pasokan. Seorang spesialis-generalis adalah seseorang berspesialisasi di bidang rantai pasokan tetapi juga memiliki pemahaman yang lebih luas tentang aspek-aspek lain dari rantai pasokan. Tipe hybrid membutuhkan pengakuan dan exposure di bidang rantai pasokan sehingga sertifikasi di bidang ini akan membantu karirnya.

Memperoleh sertifikasi yang diakui secara global di bidang rantai pasokan dapat memberikan banyak manfaat bagi karier Anda. Program pelatihan dan sertifikasi memberi Anda pengetahuan yang dibutuhkan untuk meningkatkan proses rantai pasokan dan karier Anda. Profesional bersertifikat akan menjadi bagian dari komunitas pakar yang saling berbagi pengalaman dan peluang. Certified Supply Chain Analyst (CSCA) adalah program sertifikasi supply chain yang mengacu pada the Supply Chain Body of Knowledge untuk membantu sumber daya manusia di perusahaan Anda agar dapat menerapkan solusi supply chain dengan standard internasional. Selain meningkatkan pengetahuan di bidang supply chain, pemegang sertifikasi CSCA ini juga dapat meningkat karirnya sebagai professional di bidang supply chain. Untuk informasi mengenai CSCA dapat menghubungi Kontan Academy.

Artikel Terbaru Lainnya

Contract Drafting: Seni Menyusun Kontrak yang Tepat dan Efektif

Contract drafting, atau penyusunan kontrak, adalah seni dan ilmu merumuskan perjanjian tertulis yang sah secara hukum dan mencerminkan kesepakatan para pihak ya

Pemeriksaan Pajak dan Pentingnya Melakukan Tax Review

Pemeriksaan pajak adalah serangkaian kegiatan menghimpun serta mengolah data, keterangan, dan bukti yang dilaksanakan secara objektif serta profesional berdasarkan standar pemeriksaan untuk menguji kepatuhan pemenuhan kewajiban perpajakan

Peran Supply Chain Management di Perusahaan

Kita sebenarnya telah terlahir sebagai seorang perencana supply chain yang handal dan telah menyelesaikan berbagai kasus supply chain di kehidupan kita sehari-hari. Contohnya: Berapakah jumlah telur yang harus diisi di kulkas? Langkah pertama tentu kita m

Workshop Terkait